Hal Pokok Pembukuan Koperasi yang baik

by admin

Unsur utama dalam manajemen pembukuan dan administrasi  Koperasi ada  3   yakni rapat anggota, pengurus serta tubuh pengawas. Rapat anggota adalah pemegang kekuasaan paling tinggi dalam Koperasi, pengurus adalah pemegang amanah pada hasil rapat anggota, serta komite pengawas untuk pihak yang mengawasi pengurus dalam menggerakkan amanah rapat anggota.

Unsur pengurus merupakan unsur pokok dalam manajemen Koperasi ini.Oleh karenanya pengurus sebaiknya mereka yang mempunyai kekuatan serta prinsip  dalam mengembangkan dan memajukan Koperasi.
Untuk tubuh usaha Koperasi mesti dikelola dengan cara profesional, hingga pengurus yang memperoleh amanah dari anggota untuk menggerakkan kesibukan organisasi serta usaha Koperasi butuh mempunyai pengetahuan yang luas tentang langkah pengelolaan Koperasi. Satu diantaranya yaitu dalam mengelola modal dan dana. Hal semacam ini sesuai sama dengan pekerjaan pengurus  diantaranya yang terkait dengan pengelolaan keuangan yaitu :
1. Mengelola Koperasi serta usahanya
2. Mengajukan gagasan kerja dan rancangan biaya pendapatan serta Rencana Anggaran Belanja Koperasi (RAPBK)
3. Mengajukan neraca keuangan serta pertanggungjawaban proses tugas
4. Mengadakan pembukuan keuangan serta inventaris dengan cara teratur.

Ke empat pekerjaan pengurus yang berkenaan dengan manajemen keuangan diatas menunjukkan bahwasanya mengelola keuangan benar-benar berkenaan dengan seluruh kegiatan dan aktivitas yang berada dalam suatu Koperasi. Dalam hal semacam ini manajemen keuangan dan pembukuan Koperasi adalah salah satu bagian dari pola  manajemen Koperasi, yang dalam prakteknya digerakkan oleh pengurus serta dipantau oleh komite pengawas serta anggota. Pengawasan oleh anggota dilihat untuk pengawasan yang paling efisien, hal semacam ini karena jati diri ganda yang dipunyai oleh anggota, yakni sebagi pemilik Koperasi sekalian pemakai layanan/service Koperasi.

Anggot peranannya sebagi pemilik  mempunyai keterikatan serta keharusan untuk memantau jalan usaha koperasi yang sehat. Oleh karenanya pengawasan dari anggota bakal lebih efisien dibanding pengawasan oleh komite pengawas, lantaran anggotalah yang paling merasakan service yang didapatkan Koperasi hingga bisa segera merasakan bagaimana jalannya usaha Koperasi. Anggota koperasi bisa merasakan apakah  kemampuan pengurus telah sesuai sama dengan amanah rapat anggota koperasi atau malah menyimpang dari amanah.

hal penting dan pokok dalam pembukuan koperasi

Manajemen keuangan dan pembukuan Koperasi sangat terkait dengan kesejahteraan seluruh anggota koperasi Koperasi. Manajemen pengelolaan keuangan dan pembukuan koperasi sangat penting untuk menunjang dan menjadikan koperasi yang berdikari, sehat dan mensejahterakan anggota.

Untuk itu pengelolaan keuangan dan pembukuan koperasi harus menjadi perhatian penting. Pengelolaan disini mulai dari mengelola dana koperasi untuk bidang usaha koperasi sampai dengan tertib administrasi pembukuan koperasi.  Tertib pembukuan koperasi memang menjadi momok untuk anggota dan pengurus . masih banyak koperasi di indonesia belum menerapkan tertib manajemen pembukuan koperasi , Hal ini yang akan menjadikan koperasi tidak dapat dievaluasi kemajuannya.

Di era teknologi sekarang ini sangat mudah untuk tertib manajemen pembukuan dan usaha koperasi. Sekarang banyak perusahan IT (teknologi informasi) yang telah membuat aplikasi komputer untuk membuat pembukuan koperasi dengan tertib dan mudah. Ibaratnya anda tinggal klik salah satu tombol di keyboard maka laporan akan tersaji,  baik laporan keuangan koperasi maupun Neraca. Untuk anda yang ingin koperasinya tertib adminstrasi dan pembukuan bisa mencoba aplikasi komputer koperasi besutan indosoftwareonline yang dapat di download pada link berikut : DOWNLOAD

12252 users
Bookmark and Share

Papan Pesan

Tags :