Membagi shift kerja Toko dengan tepat

by admin

Karakter kepemimpinan bukan hanya diperlukan oleh seorang boss saat memerintah staf-staf nya melakukan pekerjaan mereka. Salah satu karakter seorang pemimpin atau boss adalah kemampuan mengatur sesuatu yang bisa membuat kehadiran dan kebersamaan di tempat kerja menjadi menyenangkan. Saat suasana tercipta menyenangkan, harapan untuk memetik kinerja karyawan yang bagus pun sangat bisa terwujud. Salah satu kemampuan mengatur sesuatu tersebut adalah yang harus Anda manaj, yaitu kebijakan shift kerja.

Pembagian shift kerja dalam setiap harinya harus dilakukan dengan bijak oleh manajer. Kemampuan dasar yang harus dimiliki manajer adalah kemampuan memahami para karyawannya. Saat seorang manajer mampu mengetahui dan memahami karyawannya, maka dia akan lebih percaya diri atau nyaman dalam memutuskan segala hal terkait urusan pekerjaan. Dia akan mempercayai pertimbangannya karena sudah memahami perihal karyawan-karyawannya. Hingga dalam pembagian shift kerja pun harus bijak.

Lalu, bagaimana cara membagi shift kerja dengan baik agar membuat nyaman semua karyawan?

Sebelumnya, kita data dulu sikap seorang manajer terhadap seharusnya:
1. membaca biodata tiap karyawan, pahami mereka dari biodata dan catatan terkait latar belakang mereka
2. menyalami para karyawan Anda baik dengan ucapan maupun juga dengan jabat tangan tiap saat Anda mewawancarai mereka
3. memberi senyum saat berpapasan dengan mereka
4. memberi jaminan ketenangan bekerja di tempat Anda tersebut

Tips membagi shift kerja dengan bijak:
1. setelah memahami perihal latar belakang para karyawan yang fixed diterima, maka Anda bisa menentukan kaitan pertimbangan secara akal dan rasa, akan menempatkan karyawan pada masing-masing shift yang mana
2. bagi waktu satu hari, dengan parameter 8 jam kerja, menjadi 2 shift, sesuai dengan jumlah karyawan dan kebtuhan kerja. Yaitu, shift pertama pukul 8.00 hingga 12.00 dan shift kedua 12.00 hingga 16.00, atau shift pertama pukul 07.00 hingga 11.00 dan shift kedua pada pukul 11.00 hingga 15.00.
3. beri waktu istirahat atau jeda pada pukul 12.00-12.15, dan pukul 15.00-15.15.
4. kategori pembagian shift untuk karyawan bisa berdasarkan pada: lokasi rumah tinggal mereka, jenis kelaimin, usia, kondisi kesehatan, pendidikan, dan karakter pribadi

8503 users
Bookmark and Share

Papan Pesan

Tags :