Cara mendirikan minimarket dan Langkahnya

by admin

Peluang usaha minimarket masih sangat menjanjikan terbukti minimarket sekarang bak jamur, tumbuh di mana-mana. Tren minimarket muncul karena orientasi berbelanja masyarakat sekarang lebih  mengejar kenyamanan dibandingkan harga yang murah.

Kenyamanan dan citra harga murah pada minimarket menyebabkan masyarakat lebih berbondong-bondong datang ke minimarket daripada ke toko kelontong.

Kenyamanan berbelanja tersebut yakni tempat ber AC, melihat dan memilih barang sendiri tanpa harus repot tanya harga kepada pemilik toko.

Kenyamanan belanja dan tata ruang yang apik membuat konsumen berbelanja tidak hanya sesuai kebutuhannya melainkan barang-barang yang sifatnya  sekunder bahkan tidak sesuai dengan kebutuhan.

Oleh karena itu minimarket harus menjual barang-barang yang komplit dengan berbagai jenis merek dan ukuran yang beraneka ragam untuk meningkatkan volume penjualan.

Dengan berkembangnya tren berbelanja tersebut adalah merupakan celah dan peluang bagi usaha membuka minimarket mandiri.

Adapun keuntungan membuka minimarket mandiri yakni

  1. Fleksibel dalam modal investasi awal- modal tidak harus besar.
  2. Tidak perlu membayar royalty
  3. Bisa dikembangkan menjadi waralaba sendiri

Memang dibutuhkan kerja keras dan professionalitas untuk mengembangkan bisnis minimarket mandiri agar maju dan berkembang. Adapun langkah yang ditempuh untuk mendirikan minimarket sendiri antara lain :

 

LOKASI , LOKASI dan LOKASI

Ya , lokasi minimarket sangat menentukan sekali dalam volume penjualan.  Targetkan dengan jelas lokasi minimarket anda. Apakah ingin menargetkan di sekitar perumahan atau di kalangan mahasiswa

 

PESAING

Jeli dalam memilih celah persaingan minimarket. Kita dituntut jeli untuk melihat seberapa besar persaingan yang sudah terjadi pada lokasi tersebut. Apakah sudah banyak atau masih sedikit. Jika sudah banyak minimarket di lokasi tersebut kita teliti lagi demand and supply nya. Karena belum menurut kita sudah banyak  minimarket di daerah tersebut tetapi ternyata masih kurang memenuhi dibandingkan dengan banyaknya konsumen di lokasi tersebut.

 

SUPLIER

Jalin kerjasama dengan supplier-supplier. Cari supplier yang bisa memberikan kita tempo pembayaran. Sehingga kita tidak perlu mengeluarkan banyak modal

 

PERIJINAN

Segera urus perijinan minimarket anda di departeman perindustrian dan perdagangan setempat.

 

PENATAAN BARANG

Tata barang sebagus mungkin agar memikat pelanggan untuk membeli meskipun tidak butuh.

 

ADMINISTRASI

Siapkan komputer dan program untuk mengotomatisasi kasir sehingga diperoleh laporan penjualan akurat mengenai stok barang, laporan penjualan dan laba rugi otomatis dengan mesin. Hal ini memerlukan software komputer. Untuk softwarenya dapat anda download disini.

 

MEMILILIH KARYAWAN

Usahakan karyawan-karyawan kunci masih saudara atau kerabat anda.

45939 users
Bookmark and Share

Papan Pesan

Tags :