5 Kunci Utama Sukses Bisnis Toko Minimarket

by admin

5 Kunci Utama Sukses Bisnis Toko Minimarket

Pada abad ke 20 ini semuanya serasa berjalan dengan sangat cepat. Tidak terkecuali dalam hal bisnis retail dan minimarket. Bisnis retail toko dan minimarket akan menghadapi persaingan yang ketat. Apalagi ditambah retail asing di indonesia yang sudah mmpunyai kekuatan BRAND dan Keuangan yang kuat. Oleh karena itu agar sukses menjalankan bisnis retail dan minimarket perlu strategi agar bisnis retail toko dan minimarket kita kompetitif. Yakni mampu bersaing dengan retail modern maupun asing. Berikut ini 7 kiatnya :

1. Price promotion.
Setiap  bisnis retail toko dan minimarket baik skala kecil, sedang maupun besar tidak lepas harus mempunyai kreatifitas akan diskon produk. Memang strategi harga merupakan strategi yang bisa dibilang uzur.. namun pada titiknya sendiri strategi ini masih bisa dibilang manjur. Yang menjadi efektif atau tidaknya strategi ini adalah kapankan strategi diskon harga di jalankan.?.  Beberapa retail toko modern saat ini sedang marak mengembangkan kreatifitas diskon harga dengan program midnight sale. Dan ternyata program midnight sale ini masih ampuh dan disambut antusias oleh konsumen di kota manapun di indonesia.

Kreatifitas dalam harga bisa juga ditunjukkan dalam bentuk cash back atau beli dua dapat satu atau juga diskon silang antar produk.

2.  Experience Marketing
Apa itu experience marketing ?? .. ya experience marketing merupakan metode menjual produk tidak hanya jual beli, lebih dari itu di dalam proses penjualan produk  perlunya membuat “experience” yang mampu menjadi daya tarik konsumen untuk datang ke retail kita.

Disamping produk yang kita jual adalah memang menjadi daya tarik untuk konsumen datang ke toko kita, namun perlunya menghadirkan pengalaman penjualan unik bagi seorang konsumen

Ada salah satu contoh “experience’ yang ditampilkan peritel .. “ selamat datang di indomaret selamat berbelanja”  nah itu yang disebut experience marketing. Ketika kite belanja di indomaret atau alfamart kita akan disuguhi kata-kata tersebut waktu kita pertama kali datang membuka pintu.. dan saat pulang pelayan indomaret juga mengucapkan ‘’ terimkasih selamat berbelanja kembali”

Dan berdasarkan riset dari lembaga riset ternama dunia yakni Nielsen bahwa 92% konsumen di indonesia menjadikan pengalman berbelanja sambil berekreasi . Bahwa konsumen akan semakin banyak berbelanja ketika mereka puas.

Experience marketing ini pada praktekya dapat dikembangkan melalui banyak panca indra. Semakin panca banyak melibatkan panca indra maka akan semakin kuat experience marketingnya. Yang termasuk panca indra bisa (penglihatan,pendengaran, indra perasa, dll),

Misalnya saja waktu saya datang ke toko mirota batik di jalan malioboro,, pada pintu masuk indra penciuman saya sudah di bauin dengan bau khas toko tersebut. Semacam dupa yang bisa membuat suasana hati nyaman kemudian di setelkan musik jawa yang adem ayem tentrem jadi betah deh berlama2 di toko tersebut. Silahkan anda kunjungi jika ke jogja..rasakan experience marketing disana.

3. Gunakan teknologi agar bisa berakselarasi tinggi.

Teknologi berperan sangat besar pada industri toko retail dan minimarket di masa sekarang dan kedepan. Di zaman serba cepat konsumen selalu menuntut anda sebagai pemilik toko untuk bergerak dengan layanan cepat.

Tanpa teknologi dirasa sangat mustahil untuk bergerak dengan cepat.

 

Ada tiga macam teknologi yang harus mampu menyelesaikan masalah berikut :

  1. a.   Pelayanan dan Kecepatan

NEGATIF -Coba bayangkan ketika ada konsumen berbelanja mengantri sampai 10 antrian dibelakang karena kita tidak hapal harga, atau menghitung manual satu persatu barang yang dibeli konsumen dengan kalkulator..aduuuuh sangat lamban.

POSITIF – Anda pernah belanja kan di supermarket, atau minimarket seperti indomaret atau alfamart di tempat anda ???. coba bayangkan pernahkah anda melihat antrian panjang…?? saya sendiri jawab TIDAK PERNAH.. mereka sangat cepat melayani pelanggan di kasir. Karena minimarket indomaret dan peritel alfamart sudah menggunakan perangkat lunak dengan komputer yang ketika barang itu di lewatkan saja maka komputer sudah mendeteksi hal berikut :

  • Mendeteksi harga Jual barang tersebut dan langsung tampil di layar komputer
  • Langsung otomatis Mengurangi Stok
  • Langsung otomatis Menambahkan keuntungan penjualan Per Barang

WOOOW. Keren bukan dengan sekali lewat maka sudah banyak yang bisa kita dapatkan semuanya otomatis..

b. Inventory/ persediaan barang atau stok

Nah dengan perangkat lunak tadi persediaan sudah otomatis tersaji tinggal klik tombol dikomputer maka langsung kelihatan stok mana yang harus dilakukan pembelian ulang, barang apa saja yang paling laris

c. Retensi Pelanggan atau mempertahankan pelanggan

Mempertahankan pelanggan agar selalu berbelanja ulang di toko kita sangat penting. Nah dengan teknologi perangkat lunak tadi kita juga bisa mempertahankan pelanggan dari segi kecepatan layanan dan bisa mempertahankan pelanggan dengan cara diskon khusus misal setiap hari minggu semua produk toileters diskon 10% hal itu bisa di setting pada perangkat lunak tadi.

Untuk Solusi perangkat lunak maka segeralah anda memakainya. Semakin cepat memakai anda semakin cepat beradaptasi dengan teknologi . jangan ketinggalan dengan minimarket yang lain yang sudah mulai memakai teknologi. Untuk perangkat lunak bisa saya rekomendasikan dan dicoba di link berikut

               —Download Perangkat lunak Teknologi Indomaret / alfamart

4. Lakukan Co-branding dengan Berbagai Pihak. Semakin banyak semakin baik
Untuk meningkatkan loyality pelanggan secara kontinue maka perital harus mau melakukan Co-branding dengan berbagai pihak. Tujuannya adalah untuk memperkuat dan memberikan program-program yang powerfull

Contoh co-branding powerfull misalnya di toko anda bisa membayar listrik, kirim uang, beli tiket pesawat.. belanja online .

5. Retail yang majemuk.
Jangan heran apabila kita menemukan toko-toko yang akan menjadi one stop shopping. Semakin setiap toko ingin meretensi pelanggan maka setiap toko akan berlomba-lomba untuk menjadi one stop shopping. Misalnya saja apotek yang digabung dengan minimarket.

.

26897 users
Bookmark and Share

Papan Pesan

Tags :