3 Tipe Pelanggan Toko , minimarket

by admin

Ada 2 tipe  konsumen yang lebih kita kenal sekarang ini. perbedaaanya yakni pada cara menawar barang. satu konsumen jelemit. satunya konsumen deal. tetapi tak hanya ke-2 jenis konsumen itu. tetap ada jenis konsumen yang lain. yang seluruhnya itu saya rangkum ditulisan ini bedasarkan pengalaman saya bertransaksi dengan pelanggan.

Berikut ini tipe Pelanggan/ konsumen toko

1. Tipe Pelanggan Deal.
type konsumen yang datang memang mencari  barang yang ingin dibelinya. Ketika di toko kita ada barang dan harga di buka maka tipe konsumen ini tanpa basa basi langsung segera membeli, meskipun menawar mereka tidak serius.untuk konsumen deal ini. kita mesti berikan service istimewa. supaya mereka senantiasa datang ke toko kita. beri mereka harga yang murah. janganlah sesekali tergoda memberikan harga tinggi atau terlampau tinggi. bila kita tergoda serta mereka ketahui harga pasaran barang yang mereka beli. maka kita dapat kehilangan pelanggan type ini.
2. Tipe Pelanggan  iseng
konsumen yang datang, tetapi tanpa kemauan beli. sebatas tanya-tanya saja. berapapun harga murah kita menawarkan. barang biasanya tetap tidak terjual.untuk konsumen iseng ini. kita terus mesti berikan service yang baik. siapa saja dia, tempatkan harga lumrah, atau pasaran. tak perlu turunkan harga jika ditawar. umumnya mereka tidak berani menawar dengan nilai tentu. contohnya menyebutkan ”bisa tidak ini rp. 3. 000 per bijinya. ” tetapi mereka menawarnya dengan kata-kata ” dapat tidak kurang lagi harga nya ?” jawab saja ”bisa kurang” namun tidak usah sebut nominalnya berapakah.

3. konsumen jelimet.
ini jenis konsumen yang memiliki tehnik serta keahliaan tawar-menawar tingkat tinggi. konsumen type ini yaitu konsumen yang amat sulit dilayani. tetapi kerap ditangan merekalah warung kita terpromosikan, baik positif ataupun promosi negatifnya.
oleh dikarenakan itu untuk menghadapi konsumen jenis jelemet ini. kita juga mesti memiliki keahlian tawar menawar tingkat tinggi. punya kesabaran danemosi stabil. janganlah mudah terpancing. senantiasa tersenyum serta ramah tamah. karena di tangan konsumen type inilah umumnya keahlian berdagang kita terasah baik. serta kepuasan mereka ini dapat jadi tandanya bisnis kita dapat maju.

yang Jelas kita harus bijak terhadap ke tiga tipe pelanggan ini, Kita fokuskan dan prioritaskan kepada pelanggan tipe deal. Untuk itu kita harus mempunyai data pelanggan toko kita. Dengan adanya data pelanggan toko maka kita mampu memberikan treatment kepada pelanggan , misalnya waktu ulang tahun kita berikan  diskon, atau menerapkan sistem point kepada pelanggan, jadi waktu pelanggan membeli produk otomatis kita memberikan poin dan poin dapat ditukar.

Untuk memberikan point kepada pelanggan saat penjualan, kita memerlukan program komputerisasi pada toko, jadi ketika ada pelanggan membeli ke toko kita otomatis program komputer ini akan menghitung poin pelanggan.

Adapun keuntungan yang lain adalah kita mampu mempertahankan pelanggan tersebut agar lebih sering belanja di toko atau minimarket kelontong kita.

DOWNLOAD SOFTWARE POint Pelanggan dan Kasir toko

1047 users
Bookmark and Share

Papan Pesan

Tags :